Wabup Sampaikan Perbup Labura Tentang Kewenangan Desa

MITRAKITANEWS.COM | Labura – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Labuhanbatu Utara H. Samsul Tanjung, mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 19 Tahun 2021 di Aula Ahmad Dewi Syukur, Aek Kanopan, Kamis, (24/6/2021).

Perbup tersebut berisi tentang daftar kewenangan desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa.
Wabup dalam sosialisasi menyampaikan bahwa pentingnya diadakan sosialisasi agar pemerintah desa maupun Badan Pemberdayaan Desa (BPD) dapat mengetahui kewenangan apa saja yang diatur dan diurus desa.

Adapun kewenangan desa, meliputi kewenangan di bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan Desa, pembinaan masyarakat Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa berdasarkan prakarsa masyarakat, serta hak asal usul dan adat istiadat desa.

Kemudian, Wabup membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa yang telah ditetapkan sebelum berlakunya peraturan bupati ini, wajib disesuaikan dengan perbup, sementara Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa yang telah ditetapkan sebelum berlakunya perbup ini, tetap berlaku sampai dengan berakhirnya masa berlakunya RKP Desa.

BACA JUGA
1 dari 4

Wabup berharap setelah sosialisasi ini, kepada Kepala Desa segera berkoordinasi dengan Badan Permusyawaratan Desa, agar segera melakukan musyawarah Desa untuk memilih dan menetapkan kewenangan Desa berdasarkan asal usul dan kewenangan lokal berskala desa yang sesuai dengan situasi dan kondisi kebutuhan dan kemampuan Desa.

“Ikutilah pemaparan Bupati ini oleh Kepala Dinas PMD, dengan konsentrasi dan pusatkan perhatiannya sampai selesai, sehingga dengan demikian sosialisasi ini dapat berdaya guna dan berhasil guna, bagi Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa,” ucap Wabup.

Turut hadir Kepala Dinas PMD Sofyan Yusma, Anggota DPRD F-Nasdem, Kepala OPD, Kepala Desa, Kepala BPD se- Kabupaten Labuhanbatu Utara. (Ivan Haris)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: