Viral di Facebook, Polisi Bantah Penangkapan Perampok Toko Mas

MITRAKITANEWS.COM | Medan – Postingan viral di Facebook yang menyebutkan perampok toko mas Simpang Limun ditangkap dibantah oleh Polda Sumatera Utara (Sumut).

Bahkan, polisi menegaskan kabar mengenai penangkapan salah seorang perampok toko emas Pasar Simpang Limun yang viral di Facebook itu adalah hoaks.

“Postingan di Facebook tentang ditangkapnya seorang perampok toko emas di Pasar Simpang Limun hoaks,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Minggu (29/8/2021).

Lebih lanjut Juru Bicara Polda Sumut ini menjelaskan, Tim gabungan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut bersama Satreskrim Polrestabes Medan tengah melakukan penyelidikan terhadap kasus perampokan tersebut.

“Mohon doanya agar kawanan perampok ini secepatnya ditangkap. Tim masih terus berada di lapangan melakukan pengejaran. Kita menemukan 3 selongsong peluru di lokasi kejadian,” jelas Hadi seraya menambahkan pihaknya tengah menunggu hasil Labfor Inafis yang melakukan penyelidikan di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Informasi sebelumnya, kabar kawanan perampok Toko Mas Pasar Simpang Limun ditangkap viral di media sosial (Medsos) Facebook.

Kabar ditangkapanya salah seorang kawanan perampok itu diposting oleh akun bernama Deky Hardianto.

Dalam unggahannya, akun yang mencantumkan dirinya sebagai anggota Polri pada profilnya itu memposting personel Polri seperti menangkap seorang pria bertato pada lengan kirinya mengenakan baju kaos.

Akun tersebut juga memposting photo dengan tulisan ‘Asalamualaikum, Perampok toko emas Kota Medan Simpang limun 1 orang Sudah Tertangkap 3 Orang lagi Masih DPO’.

BACA JUGA
1 dari 9

7 jam diposting, unggahan itu dibanjiri komentar. Sedikitnya ada 319 komentar dan 1.700 kali dibagikan dan disukai 807 netizen.

Mengetahui adanya postingan yang viral tersebut, polisi langsung membantah dan menyatakan kabar tersebut adalah hoaks.

Hal itu semakin dikuatkan dengan penelusuran yang dilakukan di jagad maya pada laman https://www.suaratebo.net/2018/06/team-sultan-polres-tebo-bekuk-residivis.html.

Dari situ, diketahui bahwa yang diposting akun penyebar hoaks itu adalah photo penangkapan residivis pencurian sepeda motor (Curanmor) oleh Tim Sultan Satreskrim Polres Tebo, Jambi pada hari Selasa, (19/6/2018) silam.

Postingan hoaks yang viral itu menyusul beraksinya kawanan perampok bersenjata laras panjang di Pasar Simpang Limun, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Kota, pada hari Kamis (26/8/2021) lalu.

Dalam aksinya, pelaku yang berjumlah empat orang berhasil menggasak perhiasan senilai miliaran rupiah dari dalam toko emas.

Bahkan, kawanan perampok turut menembak seorang juru parkir bernama Julius Simanungkalit, warga Jalan M Nawi Harahap Gang Suka, Kelurahan Siti Rejo III, Kecamatan Medan Amplas. (rks)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: