Timas Indonesia Tim Pertama ke Play Off Piala Asia 2023

Mitrakitanews.com | Jakarta – Timnas Indonesia menjadi tim pertama yang dipastikan bakal melakoni playoff Piala Asia lantaran status juru kunci fase grup kualifikasi Piala Dunia 2022.

Saat ini Timnas Indonesia menempati peringkat kelima klasemn Kualifikasi Piala Dunia Grup G dengan hanya meraih satu poin. Hasil imbang 2-2 kontra Thailand pada 3 Juni lalu membuat Evan Dimas Cs sudah tak mungkin beranjak dari posisi buncit.

Adapun poin maksimal yang bisa diraih Timnas Indonesia adalah 7 poin andai menyapu bersih dua laga tersisa. Di sisi lain, tim peringkat ke-2 hingga ke-4 Grup G sudah meraih 9 poin.

Artinya Timnas Indonesia tidak akan beranjak naik peringkat sampai akhir kualifikasi nanti. Alhasil Timnas Indonesia harus melakoni babak playoff jika mau lolos ke Piala Asia 2023.

Playoff Piala Asia nantinya berisi empat tim peringkat empat terburuk dan 8 tim peringkat kelima fase grup (juru kunci Grup A-H) dari babak Kualifikasi Piala Dunia. Di play-off, setiap tim akan bermain dua leg dengan menghadapi 1 tim play-off lainnya.

Siapa yang menang dari dua leg playoff akan melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia. Di babak ini nantinya akan ada 24 tim yang dibagi ke enam grup untuk memperebutkan 12 tiket ke Piala Asia.

Timnas Indonesia tak perlu berkecil hati meski harus menjalani kualifikasi Piala Asia dari jalur play-off. Meski perjalanannya masih panjang, kesempatan untuk lolos ke babak utama Piala Asia masih terbuka.

India adalah contoh terkini yang mampu melewati semua tantangan dari babak playoff untuk tampil di Piala Asia 2019. India ke play-off lantaran menjadi juru kunci Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Di babak playoff, India menang meyakinkan berkat dengan agregat 7-1 atas Laos dalam laga dua leg. Saat itu, Fulganco Cardozo Cs menang 0-1 di kandang Laos dan menang 6-1 di kala gantian menggelar laga kandang.

Lolos dari playoff, India pun melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia. Mereka tergabung di Grup A babak itu bersama Kirgizstan, Myanmar, dan Macau.

Hasilnya fantastis, mereka melaju ke babak utama Piala Asia setelah menjadi juara grup dengan raihan 13 poin. Kirgistan yang menjadi runner-up (13 poin juga, kalah head-to-head) juga mengikuti jejak India.

Sebagai informasi, ada 12 tiket yang tersedia untuk para tim yang bertanding di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia. Sebanyak 24 tim akan memperebutkan 12 tiket dengan berlomba-lomba menjadi juara grup atau runner-up babak ketiga Kualifikasi Piala Asia.

Sementara jumlah peserta Piala Asia adalah 24 tim. 12 tim dari kualifikasi babak ketiga, 8 tim dari juara grup Kualifikasi Piala Dunia (Grup A-h), dan empat tim runner-up terbaik Kualifikasi Piala Dunia 2022. (det/Edit1)

 

 

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: