Terekam CCTV Aksi Pencurian Kotak Infaq Masjid di Air Batu, Asahan

MITRAKITANEWS.COM | Asahan. Sejumlah uang infaq jamaah yang dikumpul di dalam kotak amal di Masjid Nur Sya’adah Desa Hessa Air Genting, Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan, Sumatera Utara hilang dimaling.

Aksi pelaku terekam kamera Closed Circuit Television (CCTV) yang dipasang di beberapa sudut atas bangunan masjid. Ciri-ciri pelaku yang merupakan seorang pria terekam jelas, saat dimana ia beraksi membawa seluruh kotak amal ke luar masjid.

Menurut Samitono, pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Nur Sya’adah aksi pencurian kotak amal tersebut sudah terjadi sebanyak 7 kali dan diduga dilakukan oleh orang yang sama.

“Pasang CCTV baru baru ini. Kalau kejadian kemalingan seperti ini sudah 7 kali. 5 kali sebelum ada CCTV, 2 kali sudah di pasang CCTV orangnya sama,” kata Samitono saat diwawancara wartawan, Senin (28/6/2021).

Pihaknya mengetahui kehilangan kotak infaq masjid ketika jamaah ada yang bertanya waktu salat subuh pada Sabtu (26/6) kemarin.

“Ketahuannya ini waktu subuh, ada jamaah ini kan biasa masukin infaq lapor ke kami. Ini kotak infaqnya dimana biasanya disini tapi dicari kemana mana tidak ada,” ujarnya.
Karena merasa curiga kotak amal di masjid tidak ada pihaknya langsung melakukan pengecekan dan meriksa rekaman CCTV.

“Kami periksa CCTV barulah sadar ini kotak infaqnya di maling,”kata dia.

Ia menduga, pria yang dalam rekaman CCTV mencuri kotak infaq merupakan orang yang sama dan sudah hafal posisi kamera pengawas di dalam masjid. Aksi pencurian dilakukan pada malam menjelang subuh. Sementara uang dalam kotak amal tersebut diperkirakan mencapai Rp 3,5 juta.

“Aksi pertama itu dia bawak celurit,” ujarnya.

Dalam video terlihat pria tersebut menutupi wajahnya dengan baju dan berjalan perlahan memasuki pintu belakang masjid. Kemudian dalam hitungan detik ia membawa kabur seluruh tempat kotak amal tanpa membongkarnya dan pergi meninggalkan masjid. Kejadian ini sudah dilaporkan oleh BKM ke Polsek terdekat dan berharap pelakunya bisa ditangkap. (Per)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: