Awas! Cek Status Registrasi Nomor Anda

MITRAKITANEWS.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kominfo mengatakan menjamin keamanan data pelanggan kartu prabayar yang telah melakukan registrasi. Pernyataan ini menepis berita yang tersebar dimasyarakat terkait bocornya data kependudukan pelanggan prabayar yang telah registrasi dan database kependudukan di Dukcapil .

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Noor Iza, mengatakan tidak adanya kebocoran data kependudukan pelanggan, namun yang  terjadi penyalahgunaan data NIK dan KK oleh pihak yang tidak bertanggunjawab.

“Yang terjadi saat ini yang menjadi berita adalah penyalahgunaan NIK dan KK yang digunakan untuk registrasi secara tanpa hak dan bukan kebocoran data” kata Noor dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/3/2018).

Noor Iza juga mengatakan tindakan penyalahgunaan identitas kependudukan dalam registrasi merupakan pelanggaran hukum, sehingga  Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) melakukan penelusuran lebih lanjut.

Untuk mengantisipasi penyalahgunaan identitas, seluruh operator telah menyediakan ‘fitur cek’ status registrasi sehingga masyarakat dapat mengetahui NIK dan KK miliknya telah disalahgunakan. Dan apabila menemukan kejanggalan dalam registrasi agar menghubungi gerai operator bersangkutan.

Kominfo menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga identitas pribadi agar tidak memberikan kepada orang-orang yang tidak berhak. Dan ketika meminta bantuan untuk registrasi kartu prabayar agar NIK dan nomor KK tidak dibagikan kepada pihak tidak berwenang. Dan apabila menemukan kejanggalan dalam registrasi agar segera menghubungi gerai operator bersangkutan.

Berikut fitur cek status registrasi masing-masing operator:

Telkomsel

Via website : https://www.telkomsel.com/cek-prepaid

Indosat

Via SMS : INFO#NIK kirim ke 4444

Atau

BACA JUGA
1 dari 5

INFO#MSISDN kirim ke 4444

XL Axiata

Via USSD : *123*4444#

Hutchison Tri (3)

Via website : https://registrasi.tri.co.id

Smartfren

Via website : https://my.smartfren.com/check_nik.php

STI

Via website : https://my.net1.co.id

(AdyP)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: