Tantangan dan Resiko Wartawan Hingga Nyawa Melayang Saat Jalankan Tugas

MITRAKITANEWS.COM – Profesi sebagai wartawan sangat mulia. Sebab, wartawan adalah salah satu garda terdepan dalam kemajuan bahkan kemerdekaan bangsa.

Wartawan selalu berusaha menyajikan informasi kepada seluruh kalangan masyarakat. Berita-berita yang disajikan wartawan berupa peristiwa, kasus, pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik dan banyak hal lain lagi.

Berbagai tantangan yang dihadapi Wartawan termasuk,  nyawanya sekalipun. Walau mungkin masih banyak di luaran sana yang mengecilkan profesinya.

Berdasarkan undang – undang Pers nomor 40 tahun 1999, wartawan  selalu mengedepankan sajian berita yang berimbang sesuai dengan kode etik jurnalistik. Kenapa resiko Wartawan sangat tinggi, mari kita simak penjelasannya.

Terkadang wartawan turut aktif melakukan sosial kontrol. Berbagai temuan yang didapat oleh Wartawan. Tantangan dan hambatan begitu susahnya menjadi seorang wartawan. Kemudian mencari puing-puing permasalahan dan mengumpulkan data-data tahap demi tahap kemudian dijadikan suatu tulisan.

Terkadang wartawan harus bersinggungan dengan instansi, pemangku kepentingan. Mulai dari yang berseragam hingga preman di lapangan.

Tentu anda sudah memahami bagaimana resikonya. Ketika pejabat dikritik oleh Wartawan melalui tulisan di media, bisa saja Wartawan tersebut terancam dengan menggunakan tangan orang lain.

Bagaimana apabila wartawan bersinggungan dengan mafia atau preman? Bisa-bisa nyawa pun menghilang. Karena, pada pada umumnya mafia selalu menghalalkan segala cara demi mendapat penghasilan lebih walaupun hasilnya itu sangat diragukan kehalalannya.

Seperti yang baru kejadian baru-baru ini di Sumatera Utara, dalam hitungan dua bulan terakhir jumlah Wartawan yang menjadi korban tindakan Orang Tak diKenal (OTK) sebanyak empat orang.

Terakhir hari ini, Sabtu (19/6/2021) ditemukan seorang wartawan yang memiliki jabatan pemimpin redaksi di salahsatu media online yang ada di Kabupaten Simalungun, tewas di dalam mobil karena telah ditembak oleh OTK.

Mengenaskan bukan? Wartawan juga manusia yang memiliki keluarga. Keluarga menunggu di rumah, alih-alih mendengar kabar orang yang menunggu telah tiada akibat perbuatan orang yang tidak memiliki perikemanusiaan.

Tentunya, Wartawan juga sangat memerlukan perlindungan. Tapi, bagaimana mau dikata? Hanya beginilah Wartawan.

Selaku Wartawan, saya sangat berharap kepada Aparat Penegak Hukum agar segera mengungkap kasus-kasus yang menimpa para wartawan. Wartawan juga bekerja untuk Indonesia.

Berikut ini daftar kasus terhadap Wartawan tahun 2021 yang ada di Sumatera Utara.

29 Mei 2021:

Kasus percobaan pembakaran rumah Abdul Kohar Lubis, Wartawan linktoday.com di Kota Pematang Siantar.

31 Mei 2021:

Mobil milik Wartawan Metrotv bernama Pujianto di Sergai dibakar oleh OTK.

13 Juni 2021:

Rumah orang tua jurnalis di Binjai dibakar oleh OTK. Diduga karena kasus judi.

19 Juni 2021:

Mara Salim Harahap seorang Wartawan yang menjabat Pemred lassernews.com tewas setelah ditembak OTK. Kejadian ini juga diduga karena pemberitaan oleh korban.

Penulis : Bayu Sahputra

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: