Pagi Ini Nias Diguncang Gempa 5,2 Magnitudo

MitrakitaNEWS | Nias – Gempa bumi tektonik berkekuatan M 5,2 guncang wilayah Nias, Rabu (3/11/21) pukul 07.50.36 WIB. Gempa yang tidak berpotensi Tsunami itu juga dirasakan hingga Gunung Sitoli, Padang dan Pasaman Barat.

Badan Meteoroligi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, episenter gempa terletak pada koordinat 0,91° LU, 98,51° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 Km arah Timur Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Sumatera Utara pada kedalaman 60 Km.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno melalui keterangan resminya mengatakan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar mendatar (strike slip fault),” ujarnya.

Bambang menyebutkan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Nias dengan skala II-III MMI (terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Sementara, di Gunung Sitoli, Padang dan Pasaman Barat gempa dirasakan dengan skala I-II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami,” ungkapnya.

Bambang mengatakan, hingga pukul 08.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Hindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepulauan Nias dan Mentawai diguncang gempa bumi tektonik, Selasa (2/11/21) pukul 00.04.15 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan menyebut, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,9.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,16° LU, 96,55° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 139 Km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 18 Km. (Edt01)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: