Sekda Asahan Diminta Bina ASN yang Aktif di Ormas Berafiliasi Parpol

MITRAKITANEWS.COM | Asahan. Anggota DPRD Asahan Irwansyah Siagian menyoroti banyaknya aparatur sipil negara (ASN) yang terlibat aktif pada organisasi masyarakat yang berafiliasi pada partai politik.

Karenanya, ia merasa perlu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan sebagai pembina tertinggi ASN untuk memberikan pengawasan hingga teguran agar bisa menjaga kode etik serta kedisiplinan terkhusus ASN yang terlibat dalam organisasi masyarakat maupun partai politik.

“Kita mendengar adanya ASN aktif di Organisasi Masyarakat, dimana Organisasi tersebut sangat berafiliasi kepada Partai politik, hal ini sangat melanggar kode etik,” ujar Irwansyah Siagian diruang kerjanya, Senin (5/7/2021).

Anggota DPRD fraksi Demokrat tersebut meminta Sekda selaku jabatan ASN tertinggi ditingkat Kabupaten Asahan agar melakukan pembinaan kepada ASN dan menjalankan fungsinya sebagaimana diatur didalam PP Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah pasal 29 ayat 4 huruf d disebutkan sebagai pelayan administratif dan pembinaan Aparatur Sipil Negara pada instansi daerah.

“Dengan demikian Sekda bisa mengambil tindakan tegas terhadap ASN yang diindikasikan tidak netral dan memiliki konflik kepetingan didalam melaksanakan tugas-tugasnya,” ujar Irwansyah.

Dijelaskan, UU RI no 5 tahun 2014 tentang ASN pasal 2 hurup f Penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan azas Netralitas dan pasal 5 ayat 2 huruf kode etik dan prilaku ASN, menjaga agar tidak terjadi konflik kepentingan dalam melaksanakan tugasnya.

“Artinya pasal tersebut mengatur agar ASN bersifat netral, kita tidak mau adanya ASN terlibat Ormas yang memiliki hubungan dekat dengan parpol,” tegasnya.

Ia juga menegaskan hal tersebut kepada Sekda Asahan agar lebih aktif dan serius menyampaikan pembinaan terhadap ASN sebab isu beredar di Asahan adanya oknum ASN aktif di ormas dan diduga adanya keterlibatan politik. (Nanda)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: