Putusan Praperadilan Mantan Camat Natal Ditolak

MITRAKITANEWS.COM | Mandailing Natal – Praperadilan yang diajukan Riplan, mantan Camat Natal yang ditetapkan oleh Kejaksaan Cabang Negeri Madina sebagai tersangka kasus korupsi penyalahgunaan Dana Desa 2019-2020 se-Kecamatan Natal ditolak dalam putusan sidang yang digelar Pengadilan Negeri Madina, Selasa (14/9/2021).

Hakim tunggal, Arief Yudiarto, memutuskan penetapan status tersangka terhadap pemohon sudah sah karena pemohon tidak dapat membuktikan dalilnya. Artinya, penyidikan yang dilakukan Kejaksaan Negeri Mandailing Natal Cabang Natal pun dilanjutkan.

“Menolak permohonan praperadilan pemohon untuk seluruhnya. Penetapan tersangka telah dilakukan gelar perkara dan didukung dengan bukti-bukti yang sah,” sebut Arief dalam sidang.

Pertimbangan hakim tersebut dalam putusan perkara nomor: 2/Pid.Pra/2021/PN Mdl. Hakim memperoleh keyakinan berdasarkan keterangan saksi, risalah audit dari BPKP dan barang bukti yang diajukan ke persidangan. Penetapan pemohon tersangka dinyatakan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Melalui kuasa hukumnya, Ridwan Rangkuti, mengaku menghormati seluruh putusan hakim dalam peesidangan itu, dan akan menyerahkan mantan camat Natal tersebut sepenuhnya ke kejaksaan untuk pemeriksaan selanjutnya.

“Dalam permohonan praperadilan yang kami ajukan semua dalil – dalil kami ditolak oleh hakim, selaku kuasa hukum kita menghormati putusan hakim tersebut dan selanjutnya akan menyerahkan sepenuhnya ke kejaksaan untuk pemeriksaan selanjutnya” jelas Ridwan. (Rudi Siregar)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: