USU Peringkat ke 19 Universitas Terbaik di Indonesia

MitrakitaNEWS | Medan – Universitas Sumatera Utara (USU) menduduki peringkat ke 19 sebagai universitas terbaik di Indonesia berdasarkan data yang dirilis Quacquarelli Symonds Asia University Rangkings (QS AUR) 2022.Sementara di Asia, USU menjadi yang terbaik di peringkat 501-550 dari 687 institusi pendidikan yang dinilai.

Rektor USU Dr Muryanto Amin, di Medan, Senin, mengatakan untuk memantapkan program internasionalisasi USU telah melakukan pemetaan keunggulan universitas.

Ia menyebutkan, ada lima keunggulan USU yang bisa dijadikan modal untuk memperbaiki peringkat USU ke depan, yaitu keunggulan di bidang Agricultural and Biological Sciences, Business, Management, and Accounting, Environmental Science, Biochemistry, Genetics, and Molecular Biology dan Eart and Planetary Sciences.

Keunggulan USU pada bidang tersebut didasari pada jumlah situasi dan jurnal ilmiah yang banyak dirujuk oleh peneliti lainnya.Bidang Agricultural and Biological Sciences misalnya meraih rangking 445 di World rangking, peringkat 1333 di Asian rangking dan peringkat satu di Indonesian rangking.

“Dengan pemetaan yang kita lakukan, maka kita bisa dapat fokus meningkatkan bidang apa yang menjadi prioritas kita ke depan.Kita akan dorong sehingga keunggulan itu menjadi ciri khas USU dalam menapaki internasionalisasi,” katanya.

Rektor mengatakan, terkait capaian USU di QS AUR 2022, hal itu bisa jadi momentum untuk terus meningkatkan kinerja khususnya peningkatan pada indikator-indikator penilaian dalam pemeringkatan internasional.

“Program internasionalisasi ini setiap tahun akan menjadi perhatian universitas untuk terus dioptimalkan dan disosialisasikan sehingga target internasionalisasi sesuai Renstra USU pada 20225 dapat tercapai,” jelasnya. (Ant/Edt01)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: