Gebyar Bulan Bahasa, Suara Kecintaan Bahasa dan Sastra di Universitas Asahan

MitrakitaNEWS |Asahan – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan (FKIP UNA) memperingati gebyar bulan bahasa Indonesia dengan menggelar aneka perlombaan bertepatan pada Hari Sumpah Pemuda.

Pelaksana kegiatan digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS DIKHASATRIA) dengan mengangkat tema ‘Menggali Potensi Bahasa Memperkokoh Jati Diri Bangsa’.

“Gebyar bulan bahasa ini menjadi panggung bagi mahasiswa yang mencintai sastra bahasa Indonesia untuk menunjukkan kemampuan dan kreatifitasnya dalam berbahasa,” kata Josmartua Hutajulu, panitia pelaksana kegiatan saat berbincang bersama wartawan, Jumat (28/10/2021).

Ia mengatakan, acara tersebut sebelumnya terselenggara selama dua hari, di Aula FKIP UNA yang dalam kesempatan itu terselenggara berbagai perlombaan diantaranya lomba pidato, debat, cipta baca puisi, musikalisasi puisi dimana peserta berasal dari mahasiswa dan pelajar SMA di Asahan.

Sementara itu, Dekan FKIP UNA Drs. Dailami, M.Pd yang membuka acara tersebut menjelaskan Bulan Bahasa dapat menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap Bahasa dan sastra Indonesia. Dia berharap panggung kreativitas mahasiswa ini akan semakin sering digelar sebagai wadah pecinta bahasa dalam berunjuk kemampuan.

“Setiap tahun akan terlaksana. Melalui kegiatan ini nanti akan muncul dan tumbuh inovasi dan kreativitas mahasiswa yang punya kemampuan bahasa sastra yang baik,” kata dia.

BACA JUGA
1 dari 6

Sementara itu, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan HMPS DIKHASATRIA, selain menambah wawasan keilmuan dibidang kebahasaan, kesatuan dan kebudayaan sekaligus sebagai momentum dalam meningkatkan komitmen untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Menurut rektor, kegiatan semacam ini diyakini mampu mempersatukan berbagai perbedaan yang ada di kalangan generasi muda. Dia juga berpesan kepada semua generasi penurus bangsa agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Dalam acara tersebut, satu persatu pimpinan baik dari yayasan rektorat dan fakultas turut membacakan puisi dalam mensukseskan dan memeriahkan gebyar bulan bahasa di FKIP UNA.

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd yang diwakili Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan batubara, M.Si, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Sri Rahayu, M.Pd, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, M.P, Ketua LPPM UNA Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum, Dekan FKIP UNA Drs. Dailami, M.Pd, Wakil Dekan I Bidang Akademik FKIP UNA Dr. Bambang Gulyanto, M.Pd, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Hanina, S.Psi., M.Psi, Ketua dan Sekretaris Program Studi FKIP UNA, Dosen, Mahasiswa Pertukaran MBKM luar pulau sumatera dan mahasiswa UNA. (Perdana)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: