DLH Labuhanbatu Gelar Gotong Royong Bersama Siswa Bhayangkari

MitrakitaNEWS | Labuhanbatu – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu bersama siswa-siswi Yayasan Kemala Bhayangkari Rantauprapat menggelar gotong royong di lingkungan sekolah Yayasan Kemala Bhayangkari Rantauprapat, Selasa (19/10/2021).

Kebersihan, keindahan serta penghijaun dilingkungan sekolah adalah merupakan Program Kementerian Lingkungan Hidup dan Pemerintah Daerah Labuhanbatu melalui Program Adiwiyata namun denyut nadinya belum terasa disemua sekolah yang ada di Labuhanbatu, baik sekolah tingkat TK, SD, SMP dan SMA.

Dikatakan Supardi kedepan program dan kegiatan Adiwiyata sekolah menjadi prioritas sehingga mampu mendukung visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2021-2024 yaitu meningkatkan kebersihan, keamanan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan di tengah kehidupan masyarakat.

“Bayangkan saja jika seluruh areal lingkungan hidup sekolah baik itu SMA, SMP, SD dan TK Sekolah dapat semakin bersih, tertib dan indah, sudah barang tentu pula dapat menjadikan Sekolah Adiwiyata atau sekolah yang dinilai telah berhasil dalam melaksanakan Pendidikan Lingkungan Hidup,” terangnya.

Untuk diketahui, program Adiwiyata itu adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya–upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Program Adiwiyata itu juga, dikembangkan berdasarkan norma–norma dalam berperikehidupan yang antara lain meliputi: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Program Adiwiyata ini berada dipundak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu pada Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup dan Program ini kedepan wajib digalakkan sehingga mampu mendorong dan menopang visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2021-2024 yaitu meningkatkan kebersihan, keamanan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan di tengah kehidupan masyarakat.

“Bukan hanya masalah pengelolaan sampah saja yang heboh, tugas bidang-bidang lain di dinas lingkungan hidup itu juga wajib heboh karena kesemua tupoksi antar bidang itu saling berkaitan erat dalam mendukung perwujudan visi misi itu dan berkaitan erat dengan pencapaian Sekolah Adiwiyata, begitu cara berpikir yang sehat dan maju, ” jelas Supardi Sitohang. (Dodi Gultom)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: