Orang Terkaya di Dunia Liburan ke Antariksa Naik Roket

MITRAKITANEWS.COM | Jakarta – Orang terkaya di dunia dari Amerika Serikat berhasil mewujudkan cita-cita yang telah ia impikan sejak anak-anak.

Mereka adalah Jeff Bezos dan tiga rekannya. Dia terbang menggunakan roket dan kapsul dari pusat fasilitas Blue Origin di Van Horn, Texas. Dalam penerbangan ini Bezos ditemani saudaranya Mark, pionir penerbangan Wally Funk, dan calon mahasiswa fisika Oliver Daemen.

Roket New Shepard yang ditumpangi Bezos dkk meluncur dengan kecepatan hingga 3.500 km/jam. Setelah itu, sekitar lima menit kemudian, kapsul yang berada di bagian atas memisahkan diri dari roket dan mencapai garis Karman yang berada di ketinggian 100 km.

Selama di atmosfer, sempat melayang sekitar 3 sampai 4 menit di gravitasi nol sambil menikmati pemandangan dari jendela besar yang ada. Setelah melayang bebas di atmosfer selama beberapa menit, kapsul ini kemudian kembali ke Bumi dan mendarat menggunakan bantuan parasut.

“Ini adalah hari terbaik!,” teriak Bezos begitu mendarat kembali ke Bumi. “Selamat untuk semua tim Blue di masa silam dan saat ini dalam mencapai momen bersejarah dalam penerbangan antariksa,” tulis Blue Origin di Twitter.

Roket yang telah memisahkan diri juga kembali ke pusat fasilitas Blue Origin. Semua proses peluncuran dan pendaratan dilakukan secara otonom alias tanpa pilot dan berlangsung selama sekitar 11 menit.

Ini adalah penerbangan berawak pertama yang diluncurkan oleh Blue Origin. Setelahnya, mereka akan mulai mengantarkan turis yang telah membayar tiket untuk berwisata ke luar angkasa. (det/Edt01)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: