BPPW Sumut Serah Terimakan Infrastruktur Skala Kawasan ke Pemko Tanjungbalai

MitrakitaNEWS | Tanjungbalai – Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara (BPPW Sumut) menyerahkan Pengelolaan dan Pemanfaatan Infrastruktur Skala Kawasan yang dibangun di Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, kepada Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai. Penyerahan aset tersebut langsung diserahkan Kepala BPPW Sumut Syafriel Tansier kepada Plt Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib, Kamis (18/11/2021) di ruang kerja Wakil Wali Kota Tanjungbalai.

Pada kesempatan itu, Waris Thalib mengucapkan Terima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dalam hal ini dihadiri Kepala BPPW Sumut atas pembangunan infrastruktur Skala Kawasan melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

“Pemkot Tanjungbalai merasakan manfaat yang besar atas dibangunnya infrastruktur di kawasan ini, terlebih masyarakat di kelurahan sirantau. Telah terjadi perubahan wajah kawasan yang dulunya kumuh dengan infrastruktur yang buruk, kini telah berubah dan tertata rapi dengan infrastruktur yang berkualitas,” ujar Plt Wali Kota dalam sambutannya.

Waris juga berharap agar sinergisitas pembangunan seperti yang telah dilakukan akan terus berlanjut dan dapat menjangkau kelurahan lain di Kota Tanjungbalai. Pemkot Tanjungbalai, tambah mantan Camat Datuk Bandar itu, bersedia memenuhi segala rednes kriteria yang dipersyaratkan untuk memperoleh kegiatan lainnya dari Kementerian PUPR, baik program di BPPW Sumut maupun program lainya di Kementrian PUPR.

Sementara itu, Kepala BPPW Sumut, Syafriel Tansier saat memberi sambutan mengatakan, dirinya berharap infrastruktur yang telah dibangun dapat memberikan dampak yang positif kepada Pemko dan masyarakat Kota Tanjungbalai.

Dirinya juga berpesan agar hasil pembangunan dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu lama. Untuk mencapai hal itu, sebut Syafriel, ia meminta Pemko dan Masyarakat Kota Tanjungbalai dapat memelihara serta memanfaatkan infrastruktur yang dibangun dengan selayaknya.

“Tidak semua kota di Sumatera Utara bahkan di Indonesia mendapatkan program pembangunan seperti ini. Kota Tanjungbalai salah satu kota yang beruntung mendapatkanya. Sudah selayaknya amanah pemerintah pusat ini dapat terus terjaga,” kata Syafriel.

BACA JUGA
1 dari 820

Masih di tempat yang sama, Nurasyiah selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wilayah II BPPW Sumut menyampaikan, ada delapan item kegiatan yang dilaksanakan di kawasan Sirantau, antara lain, Tanggul Pengendali Banjir, Pedestrian, Drainase Lingkungan, Jalan Beton, Ruang Terbuka Publik, Perpiaan, MCK Umum dan Tambatan Perahu.

Dijelaskannya lagi, pembangunan Skala Kawasan ini dilaksanakan dengan Skema Multi Years yang dimulai pada Tahun 2020 dan selesai pada tahun 2021. Selain Skala Kawasan, kata Nurasyiah, BPPW Sumut melalui Program KOTAKU juga memberikan suplemen Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Livelihood di Kelurahan Pantai Burung dengan membangun Gerai Produk UMKM pada tahun 2021 juga.

Usai penandatanganan serah terima, selanjutnya Plt Wali Kota beserta BPPW Sumut melakukan kunjungan ke lokasi di kedua infrastruktur yang dibangun.

Turut hadir dalam acara penandatanganan serah terima ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungbalai Nurmalini, Kepala Dinas (Kadis) Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Tanjungbalai Edy Surya, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanjungbalai Tety Julianti, Bappeda Kota Tanjungbalai Doni Ardin, Koordinator Kota (Koorkot) Cluster 1 Tanjungbalai Program KOTAKU Eko Maulijar, Plt Dirut PDAM Yuhdi Gobel, dan sejumlah OPD Kota Tanjungbalai lainya. (Red)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: