Asisten II Setda Pulau Taliabu Buka OSN Tingkat SMP

MITRAKITANEWS.COM, Maluku Utara – Asisten II Setda Pulau Taliabu, Hi. Hudia Usman, S.Pd, mewakili Bupati Pulau Taliabu, Maluku Utara, Hi. Aliong Mus, kembali membuka Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMP tahun 2018 tingkat Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, di aula SMP Negeri 1 Taliabu Barat, Pulau Taliabu, Maluku Utara, Sabtu (24/03/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara ini diikuti oleh siswa-siswi berprestasi dari masing-masing sekolah di Kecamatan yang ada di Kabupaten Pulau Taliabu.

Menurut keterangan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dince Muhdin S.Pd, pihaknya telah mengedarkan undangan kepada 32 sekolah di wilayah Kabupaten Pulau Taliabu, sejak pekan lalu. Dan sampai pada pembukaan sedikitnya ada 23 sekolah yang mengirim tiga utusan untuk mengikuti lomba mata pelajaran IPA, IPS dan Matematika.

“Sejauh ini semua sekolah tercover dengan undangan, namun bagi sekolah yang tidak mengirim perwakilan, sejauh ini belum diketahui alasannya,” katanya.

Sementara itu, Bupati Pulau Taliabu, Maluku Utara, Hi. Aliong Mus, yang diwakili Assisten II Setda Pulau Taliabu, Hi. Hudia Usman, S.Pd mengatakan OSN merupakan program tahun yang dilaksanakan oleh Dirjen Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dengan tujuan untuk mencari siswa yang berbakat, terampil dan mengusai bidang ilmu yang diperlombakan untuk memilih yang terbaik dalam mewakili Pulau Taliabu, ditingkat Provinsi maupun Internasional.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan untuk memilih yang terbaik dalam mewakili Kabupaten Pulau Taliabu di tingkat Provinsi Maluku Utara dan sampai Nasional,” katanya di depan peserta dan para pendamping.

BACA JUGA
1 dari 2

Lebih lanjut, Hi. Hudia mengaku untuk mencapai hal tersebut sekiranya para peserta yang wakili sekolah ini merupakan yang terbaik. Hingga itu, tunjukan prestasi dan kemampuanmu, sebagaimana temannya membangun intergritas melalui Prestasi Sains.

“Harus siap untuk bersaing secara sportif dan hilangkan budaya nyontek, agar keterwakilan di tingkat Provinsi nanti,” tegasnya.

Dirinya mengaku bahwa Kabupaten Pulau Taliabu merupakan Kabupaten termuda di Maluku Utara, hingga masih memerlukan pemikiran-pemikiran untuk peningkatan pendidikan, agar dapat sejajar dengan kabupaten lainnya. Namun, kita harus yakin bahwa Pulau Taliabu dipastikan akan berkembang dengan sendirinya melalui peran generasi muda yang peduli dengan pendidikan di daerah nanti.

“Diharapkan dalam olimpiade dapat menstimulus peningkatan mutu pendidikan dan menghasilkan bibit unggul yang bisa bersaing ditingkat nasional dan internasional,” tandasnya. (Ach)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: