Formas Apresiasi Kebijakan Jokowi Atas Perpindahan Lanud Soewondo

MitrakitaNEWS | Medan – Forum Masyarakat Sarirejo (Formas) mengapresiasi kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas rencana perpindahan Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo.

Diketahui, rencana perpindahan Lanud Soewondo itu dibahas pada rapat terbatas (Ratas) untuk menyelesaikan sengketa tanah masyarakat di Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Medan Polonia.

Pada Ratas tersebut, Jokowi menginstruksikan Lanud Soewondo TNI AU di Polonia segera pindah dan segera menyelesaikan sengketa tanah masyarakat Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Medan Polonia.

“Oleh sebab itu, kita mengapresiasi kebijakan Presiden Jokowi tersebut. Ini merupakan titik terang penyelesaian lahan 260 hektare yang kami huni,” ujar Ketua Umum Formas H Riwayat Pakpahan, Senin, (21/11/2021).

Lebih lanjut dijelaskan Pakpahan, pihaknya juga menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil yang fokus pada penyelesaian sengketa lahan di Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Medan Polonia.

“Menteri sudah menyiapkan relokasi untuk perpindahan Lanud Soewondo. Ini langkah yang tepat. Semoga segera di realisasikan,” jelas Pakapahan.

Selain itu, kata Pakpahan, Formas juga meminta dukungan dari Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dan seluruh stakeholder yang ada dalam penyelesaian sengketa ini.

Apalagi, kata Pakapahan, secara administrasi, seperti surat-surat tanah, Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk Sarirejo dan tanda bukti pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) warga Kelurahan Sarirejo telah disampaikan kepada Kepala Kantor Wilayah BPN Sumut di Kantor Lurah Sarirejo sekitar 3 tahun lalu.

“Waktu itu, kelengkapan administrasi tersebut di atas telah kita serahkan kepada Kanwil BPN Sumut semasa dijabat oleh Pak Bambang Priono. Karena itu, kita berharap pemerintah untuk tahapan penyelesaian selanjutnya, pengurusan sertifikat masyarakat lewat sistem Prona,” pungkasnya.

Maka dari itu, Pakpahan menegaskan, ia mengajak seluruh warga Sarirejo untuk bersatu pada mengawal proses penyelesaian sengketa lahan yang telah mereka tempat sejak Tahun 1948 tersebut.

“Kita membuka pintu lebar-lebar kepada seluruh warga Sarirejo tanpa terkecuali untuk sama-sama berjuang mengawal penyelesaian kasus ini,” tegasnya.

Sebelumnya, Abdul Gafur Ritonga, Tim Advokasi Formas pada silaturahmi di sekretariat, Jalan Teratai No. 45 Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Medan Polonia, Minggu, (31/10/2021) mengatakan, Formas harus tetap solid, bersatu padu untuk bersama-sama berjuang.

BACA JUGA
1 dari 111

“Mari kita rapatkan barisan. InsyaAllah kasus ini segera dapat diselesaikan dan memberi manfaat bagi kita semua, khususnya warga Sarirejo,” kata Gafur.

Hal senada juga disampaikan Ustadz Muhammad Fadhli Sudiro dalam tausiyahnya pada silaturahmi Formas tersebut.

“Formas harus tetap merapatkan barisan. Karena, apa yang diperjuangkan Formas ini sangat luhur,” katanya.

Jika dibandingkan dengan perjuangan Nabi Besar Muhammad SAW, kata Ustadz, perjuangan Formas ini belum seberapa.

“Maka dari itu, sekali lagi, saya meminta, kita semua yang tergabung dalam Formas harus tetap konsisten, rapatkan barisan. InsyaAllah kita semua akan segera mendapatkan yang terbaik, khususnya dalam penyelesaian sengketa tanah ini,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta Lanud Soewondo TNI AU di Polonia segera pindah dan segera menyelesaikan sengketa tanah masyarakat Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Medan Polonia.

Kemudian, sebagian tindak lanjut dari Ratas tersebut, Menteri ATR/BPN Sofyan Abdul Djalil menggelar rapat koordinasi penyelesaian masalah tanah bersama dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Forkompinda di Rumah Dinas, Jalan Sudirman, Kota Medan, pada Rabu (29/7/2020) lalu.

Setelah rapat, BPN mendorong Gubernur Edy Rahmayadi agar segera membuatkan surat keputusan (SK) dan pembentukan tim penyelesaian.

Adapun lahan baru itu di Dusun I Emplasmen A, Desa Bulu Cina, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang.

Rencananya, Lanud TNI AU Soewondo yang sebelumnya akan dipindahkan ke Kabupaten Langkat akan pindah ke kebun tebu Hamparan Perak tersebut. (rks)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: