Ketua PWI Asahan Tekankan ke Wartawan Patuhi Kode Etik Jurnalistik

MITRAKITANEWS.COM | Asahan – Wartawan mengemban tugas berdasarkan Undang-undang Pers Nomor 40 tahun 1999 tentang pers dan kode etik jurnalistik. Maka dari itu ditekankan kepada wartawan supaya mengindahkan kaidah jurnalistik dalam menjalankan tugasnya.

Hal itu disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Asahan, Indra Sikoembang saat menerima Anggota Muda PWI Asahan yang baru, di Kantor PWI Asahan, Jumat (18/6/2021).

“Terutama bagi anggota muda PWI yang baru dinyatakan lulus. Kalian harus lebih mendalami lagi tentang kode etik jurnalistik,” tuturnya.

Indra berharap kepada anggota muda yang baru masuk agar menjaga nama baik PWI di lapangan. Ia juga meminta agar ketiga anggota muda tersebut dapat bekerja dengan baik tanpa harus mencederai organisasi wartawan yang tertua di Indonesia itu.

“Saya yakin kalian mampu menjalankan tugas jurnalistik dengan baik. Karena kalian masuk ke PWI ini melalui berbagai seleksi. Saya yakin kalian sudah profesional. Sebab, kalian juga sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW)” ujarnya.

Ketua PWI dua periode itu juga menyatakan sikap bahwa PWI Kabupaten Asahan siap pasang badan melindungi anggotanya apabila terbentur masalah kerja dibidang jurnalistik.

“Tentunya PWI akan siap membantu anggota yang mengalami masalah dibidang jurnalistik,” pungkasnya.

Tak lupa, Indra juga mengucapkan selamat bergabung kepada para anggota muda yang baru lulus dalam ujian PWI yang dilakukan beberapa waktu lalu di Kantor PWI Provinsi Sumatra Utara.

“Selamat datang dan selamat bergabung kepada kalian yang baru lulus ujian PWI. Saya harap kalian mampu menjalankan pesan kami tadi,” harapnya.

Adapun anggota muda PWI yang baru adalah Ariffin dari surat kabar harian cetak Analisa, Martono dari Sura kabar harian cetak Medan Pos dan Dermawan dari surat kabar harian cetak Sumut Pos.

Dikegiatan itu dihadiri oleh beberapa pengurus PWI Kabupaten Asahan dan Anggota Biasa PWI Kabupaten Asahan. (Red01)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: