Kerinci Masih Budayakan Seni Tarian Rentak Kudo dan Tari Asik

MITRAKITANEWS.COM, KerinciMusik tradisional salah satunya tari Pusako Rentak Kudo atau Rentak busamo yang sangat membudaya di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, yang sampai saat masih sangat digemari masyarakat. 

Tarian tradisional tersebut terlihat langsung tim media MitrakitaNews, di Desa Koto Lebuh Tinggi, Kecamatan Siulak, Sabtu (8/8/2020), yang di laksanakan oleh salah satu group tari Rentak Kudo Maih Busamo, dari Desa Dusun Sungai Sirih, Kecamatan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, dengan anggota lebih kurang 45 orang beserta alat-alat musik yang disebut tambur.

Samsudin, selaku ketua tarian Rentak Kudo tersebut mengatakan, musik atau tari Rentak Busamo adalah musik yang semulanya disebut tari asik oleh nenek moyang dahulu kala sampai saat ini sangat digemari masyarakat Kerinci bahkan dari daerah luar.

“Karena musik dan tarian Rentak Kudo ini juga kesenian yang dijadikan untuk sarana olahraga santai khususnya bagi pecandu Rentak Kudo, kebetulan malam kita ada di tengah masyarakat dalam rangka persemian,” ungkap samsudin.

Hal tersebut juga diindahkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kadis pariwisata dan budaya, Juanda saat dihubungi mengatakan, memang kita akui di Kabupaten Kerinci, untuk masalah tari Rentak Kudo atau Rentak Busamo, sudah jadi prioritas masyarakat selain membudayakan tari tradisional.

“Tarian tersebut juga secara tidak langsung dapat menunjuk bahwa Kerinci yang dikatakan sakti disitu sangat terlihat saat tarian yang disebut tari asik pituah lamo dan saya sangat bangga dengan budaya dan kesenian lain yang sifatnya seni tradisional khususnya di Kabupaten Kerinci,” ujarnya. (Harmanuddin)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: