LSM PPSHP Siap Kawal Pemanfaatan Dana Desa di Kabupaten Batubara

MITRAKITANEWS.COM, Batubara – Saat ini Pemerintah Pusat sedang gencar-gencarnya untuk memajukan desa. Hal itu diwujudkan melalui subsidi dana desa, baik Alokasi Dana Desa yang bersumber dari APBD Kabupaten ataupun Dana Desa yang bersumber dari APBN.

Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Penegakan Supremasi Hukum dan Pembangunan (LSM PPSHP), M. Jami Nasution ST, mengatakan kucuran dana dari pemerintah tersebut adalah berkah untuk lapisan masyarakat di desa, namun apabila dimanfaatkan tidak tepat sasaran akan menjadi musibah bagi kuasa pengguna anggarannya yang tidak lain adalah Kepala Desa.

“UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa sudah mengatur dengan jelas peruntukan dan pemanfaatan dana desa. Tinggal bagaimana kuasa pengguna anggaran menggunakan dana itu untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di desa,” jelas Jami dikediamannya, Selasa (13/03/2018).

Jami mengungkapkan, hal tersebut yang mendasari LSM PPSHP berperan aktif untuk ikut mengawasi sekaligus mengawal jalannya pemanfataan ADD dan DD tahun anggaran 2018 di Kabupaten Batubara.

“Jelas kami terpanggil, sebagai lembaga sosial kontrol ini merupakan tugas dan fungsi kami untuk ikut mengawasi penggunaan dana yang bersumber dari Negara,sekalipun itu tingkat Desa,” ungkapnya.

Jami menambahkan keseriusan itu dibuktikan dengan mengirimkan surat resmi lembaga ke seluruh perangkat yang berkaitan dengan penggunaan Dana Desa tersebut, baik penegak hukumnya maupun Kepala Desa sendiri sebagai Kuasa Pengguna Anggaran.

“Ya.. kami sudah mengirimkan surat resmi ke hampir seluruh Desa di Kabupaten Batubara, yang intinya memberitahukan bahwa LSM PPSHP salah satu dari beberapa Lembaga yang ikut mengawasi proses pemanfataan Dana Desa di Kabupaten Batubara tahun 2018,” pungkas Jami. (JN)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: