Waspada! Buah Melon Asal Australia Mengandung Bakteri Berbahaya

MITRAKITANEWS.COM – 4 orang warga Australia tewas setelah mengkonsumsi buah melon yang terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes. Menurut laporan NSW Health, dengan adanya kasus ini, maka total 17 orang yang sudah terjangkit bakteri Listeria sejak mulai mewabah, dikutip dari laman channelnewsasia.com.

Untuk mengantisipasi masuknya wabah bakteri listeria ke Indonesia, Badan Karantina Pertanian (Barantan) mengeluarkan surat edaran pada tanggal 5 Maret 2018 ditujukan ke seluruh Kepala Balai, Balai atau Stasiun Karantina se – Indonesia. Dalam surat edaran ini berisi 5 perintah :

“Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 237/KPTS/RR050/42016 tentang pengawasan terhadap sistem pengawasan keamanan pangan segar asal tumbuhan negara Australia rockmelon / Cantaloupe termasuk jenis PSAT dalam pengakuan”

“Memperketat pengawasan dan kewaspadaan terhadap pemasukan buah utuh atau buah potong rockmelon dari Australia atau ex-import asal Australia dengan melakukan pengujian laboratorium pada setiap pemasukan dengan target uji Listeria monocytogenes”

Pengujian Listeria monocytogenes dilakukan di laborarorium yang telah terakreditasi”

“Apabila ditemukan cemaran Listeria monocytogenes pada buah rockmelon, maka dilakukan tindakan pemusnahan dan dilakukan notifikasi ke negara asal”

“Surat edaran berlaku sejak tanggal ditetapkan sampai dengan terbitnya keputusan Menteri Pertanian tentang penutupan pemasukan rockmelon dari Australia ke Indonesia”

Jenis Rockmelon / Melon Cantaloupe

Untuk diketahui masyarakat, buah rockmelon atau yang lebih dikenal melon cantaloupe jarang ditemui di pasar tradisional, umumnya buah ini dijual di supermarket karena harga buah rockmelon cukup mahal.

Rockmelon berbeda dengan jenis melon pada umumnya. Buah ini memiliki daging berwarna kuning oranye dan rasa daging melon ini lebih manis dari melon putih yang biasa dikonsumsi masyarakat umum.

Bahaya Bakteri Listeria

Bakteri Listeria biasa hidup di dua tempat yaitu di tanah dan di air. Bakteri ini dapat menjangkit siapa saja, namun yang paling berisiko adalah Ibu hamil dan janin, orang usia lanjut, dan orang yang memiliki kondisi imunitas rendah.

Listeriosis dimulai dengan gejala mirip flu termasuk menggigil, demam dan nyeri otot. Ini memiliki masa inkubasi hingga 70 hari. (AdyP)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: