Fakta Soal Pria Meninggal Dunia Usai Divaksin

MITRAKITANEWS.COM  –  Beredar kabar seorang pria meninggal dunia karena makan durian setelah di vaksin di Malaysia. Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) pun mengonfirmasi kebenaran berita tersebut.

Program vaksin Covid-19 kini tengah digencarkan banyak negara, termasuk Malaysia dan Indonesia. Namun sayang upaya proteksi dari paparan Covid-19 ini kerap disertai isu-isu liar yang tidak jelas kebenarannya.

Seperti yang tengah hangat dibicarakan di Malaysia. Di WhatsApp beredar luas pesan singkat yang menunjukkan seorang pria paruh baya tewas di lantai. Pria tersebut juga masih mengenakan masker di dagu.

Pesan yang mengiringi foto tersebut berbunyi, “Beri tahu keluarga dan teman-teman untuk tidak makan durian sebelum atau setelah vaksin (Covid-19). Teman saya di kebun mendapat vaksinasi dan kembali dan makan durian keesokan harinya dan meninggal.”

Lanjutannya, “Lebih baik tahu dan jadi waspada. Hidup sangat berharga karena momen ketidakpedulian akan membunuhnya, menyedihkan. Sehabis vaksin meninggal setelah makan durian.”

Tentu saja hal ini membuat banyak orang panik. Namun pihak berwenang yaitu Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) mengonfirmasinya.

KKM menyatakan kalau berita ini hoax atau palsu. Pihaknya juga menyarankan untuk tidak menyebarkan atau membagikannya lebih luas lagi.

BACA JUGA
1 dari 4

Baca juga:
Cerita Pengalaman Dokter Suntik Vaksin Sinovac Ke Jokowi, dari Tangan Gemetar Hingga Jawab Tudingan Vaksin Palsu

Dari bantahan KKM ini pula bisa disimpulkan bahwa tidak ada masalah dari mengonsumsi durian sebelum atau sesuda vaksin.

Konsumsi buah eksotis ini tidak memicu kematian. Namun ada baiknya jika kamu mengonsumsi makanan yang tepat pada saat sebelum dan sesudah vaksin Covid-19.

Bahkan Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) juga ikut menyatakan kabar tersebut hoax.

“Beredar di media sosial facebook postingan yang diunggah oleh akun Eka Kapia Lnd yang memberikan keterangan salah seorang tewas setelah mengkonsumsi buah durian, duku dan minum kopi serta multivitamin.

Faktanya minum kopi sesudah menikmati durian atau bahkan disaat bersamaan konsumsi durian sah-sah saja, boleh karena hal ini bukanlah hal yang mematikan. Pernyataan ini diungkapkan oleh seorang dokter gizi bernama Inge Permadhi. Hanya saja, tentu menikmati kopi sesudah makan durian dinyatakan aman apabila orang yang mengonsumsinya dalam keadaan sehat,” begitu isi kutipan dari laman kominfo.go.id (det/Edt01)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: