Kecamatan Kota Kisaran Timur Laksanakan MTQ Tingkat Kecamatan

MITRAKITANEWS.COM, Asahan – Kecamatan kota Kisaran Timur mulai melaksanakan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kecamatan, Senin (26/03/2018). Pembukaan dan pelaksaan MTQ tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur ini diadakan di halaman Masjid Siti Zubaidah kelurahan Mutiara.

Bupati Asahan, Drs. H. Taufan Gamma Simatupang, MAP yang diwakili Kepala Bappeda Asahan, H. Zainal Arifin Sinaga melakukan pemukulan beduk sebagai tanda acara MTQ tingkat Kecamatan di Kecamatan Kota Kisaran Timur telah resmi dibuka.

Dalam sambutan tertulis Bupati Asahan yang dibacakan oleh H. Zainal Arifin Sinaga, bahwa penyelenggaraan MTQ yang digabung dengan pelaksanaan festival nasyid ini tentu tidak hanya sekedar untuk mencari juara saja, tetapi lebih penting bagaimana menumbuhkan kecintaan terhadap Al-quran, mendekatkan diri dengan Al-quran sebagai sumber pokok ajaran Islam dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebab di zaman modern ini, kecanggihan alat teknologi informasi dan komunikasi telah menjauhkan diri dari Al-Quran.

“Sebagai upaya untuk membina mengembangkan dan mencari Qori dan Qoriah kita telah jalankan gerakan mengaji setelah salat magrib hal ini dimaksudkan sebagai penerapan pembacaan Al Quran di tengah-tengah masyarakat muslim,” kata Kepala Bappeda membacakan sambutan dari Bupati Asahan, Drs. H. Taufan Gamma Simatupang, MAP.

“Oleh karena itu saya menyambut baik dan mendukung atas dilaksanakannya MTQ dan festival nasyid ini.
Karena dengan pelaksanaan MTQ secara berjenjang akan dapat menjaring bibit-bibit Qori dan Qoriah yang berprestasi dari daerah sendiri. Saya mau para Qori dan Qoriah yang menjadi juara di tingkat kecamatan inilah yang menjadi utusan ke tingkat kabupaten,” ucapnya.

“Saya tidak mau ada qori qoriah instan yang diambil dari luar daerah kita harus berprestasi dengan kekuatan sendiri kalau kita beri hadiah dan penghargaan kepada para juara yang menikmati adalah putra-putri kita sendiri kalau berprestasi menjadi juara di tingkat provinsi juga adalah putra-putri Asahan. Jadi, kita mulai dari awal seperti pada pelaksanaan ini untuk meningkatkan motivasi para peserta,” lanjut H. Zainal Arifin Sinaga membacakan sambutan Bupati.

Dalam sambutan itu, Bupati Asahan berharap kepada Qori dan Qoriah untuk menunjukkan kemampuan dan kepatuhan yang dimiliki secara maksimal.

BACA JUGA
1 dari 3

“Jangan grogi, tenangkan pikiran, dan jaga kesehatan. Tanamkan dalam diri rasa percaya diri kalian semua bisa dan tunjukkan prestasi terbaik agar bisa menjadi juara,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Camat Kota Kisaran Timur, Irwandi SE mengatakan MTQ merupakan bagian dari program pembinaan kehidupan beragama yang tidak terpisahkan dari pembangunan mental spiritual.

“Musabaqah Tilawatil Quran sebagai bagian dari program pembinaan kehidupan beragama dan peningkatan syiar Islam merupakan bagian tak terpisahkan dari pembangunan mental spiritual. Melalui MTQ ini terjadi proses pembelajaran pengkajian dan pengamalan nilai-nilai ilmiah dan amaliah yang terkandung dalam kitab suci Alquran dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya insan yang Qurani,” kata Irwandi.

“Pelaksanaan MTQ ini juga sebagai kegiatan strategis yang merupakan ajang lomba seni baca alquran yang telah melembaga dan membudaya dalam kehidupan masyarakat baik di tingkat Kelurahan, Kecamatan ,Kabupaten dan Propinsi sampai tingkat Nasional,” ungkap beliau lagi.

Tampak hadir dalam pembukaan MTQ ini Kepala KUA H. Faisal Sadad;  Danramil Kapten Jamil; Polsek Kota; Tokoh Agama Ustadz H. Raja Dedi Hermansyah; Tokoh Masyarakat; Lurah se-Kecamatan Kota Kisaran Timur; Imtaq se-Kecamatan Kota Kisaran Timur; dan sekitar 500 jamaah undangan. (RDH)

 

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: