Anggota DPRD Sumut Edi Susanto Ritonga Sosialisasi Perda PPA di Labura

MITRAKITANEWS.COM | Labura – Anggota Fraksi Hanura DPRD Provinsi Sumatera Utara, Edi Susanto Ritonga melakukan sosialisasi Peraturan Daerah No 03 Tahun 2019 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindak Kekerasan.

Acara yang diselenggarakan di Jalan Melati, Wonosari Kelurahan Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara, Selasa (29/6/2021). Hadir sebagai narasumber yang memberikan ulasannya yaitu Jaka Fernando Soebastian Simarmata.

Kepada peserta, Edi Susanto Ritonga menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah agar masyarakat mengetahui sektor-sektor apa saja yang menjadi tanggung jawab pemprov Sumut dalam upaya kegiatan pencegahan serta penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak agar dapat dilaksanakan dengan baik.

“Karena semua perempuan dan anak memiliki kesamaan hukum, dimana masih ada anak-anak mendapat perlakuan kekerasan seperti dipasung. Saya hadir tidak memandang suatu agama, tetapi menyetarakan kesenjangan sosial seluruh elemen masyarakat,” kata Edi Susanto.

Anggota Komisi D DPRD Sumut ini juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Mudah-mudahan laju pandemi Covid-19 segera menurun” ujar Edi.

BACA JUGA
1 dari 4

Pada kegiatan ini peserta terlihat sangat antusias. Hal ini tercermin dari sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh para peserta, baik yang ditujukan ke narasumber maupun ke Edi Susanto Ritonga yang juga Wakil Ketua Komisi D ini.

Narasumber, Jaka Fernando Soebastian Simarmata menjelaskan bentuk-bentuk kekerasan apa saja yang menimpa pada perempuan dan anak. Ia menyampaikan peran masyarakat dalam membantu korban kekerasan.

“Diantaranya seperti segera memberi pertolongan kepada korban, membawanya ke tempat aman, melaporkan kejadian kepada Kepala Dusun/ lingkungan atau BABINSA/BABINKAMTIBMAS” ucap Jaka.

Dalam kesempatan itu, Dinas PPA mengatakan di Kabupaten Labuhanbatu Utara sudah mendirikan tempat pengaduan tentang perlindungan perempuan dan anak tentang tindak kekerasan, sehingga apabila terjadi kasus seperti ini, masyarakat bisa mengadukan kejadian tersebut ke Dinas PPA Labura.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Lurah Aek Kanopan, Siswa Rubiono, Lurah Aek Kanopan Timur, Rizky Ansary Sinaga, Kanit Bhabinkamtibmas Polsek Kualuh Hulu IPDA Sudibyo, Babinsa, Sekretaris Alwasliyah Abdul Sahnan Nasution serta masyarakat Lingkungan 3 Wonosari Kelurahan Aek Kanopan. (Ivan Haris)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: