Akun Palsu Sosmed Wabup Asahan, dan Cara Melaporkannya Menurut Penjelasan Staff Ahli Menkominfo RI

MITRAKITANEWS.COM | Asahan. Keberadaan akun facebook palsu Wakil Bupati (Wabup) Asahan meresahkan masyarakat. Sebelumnya pada Selasa (6/7/2021) pagi, Ketua Serikat Buruh (K)SBSI Kabupaten Asahan Mawardi menerima messenger dari akun atas nama Taufik Zainal Abidin (Wakil Bupti Asahan).

Sementara itu, staf ahli Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Menkominfo RI) Prof. Henri Subiakto mengimbau Wakil Bupati Asahan dan masyarakat melaporkan.

“Dilaporkan ke FB akun tersebut. Yg lapor para pengguna FB lain dan (Wakil) Bupati”, imbau Prof. Henri saat dihubungi wartawan, Rabu (7/7/2021).

Dalam melaporkan akun palsu dapat dilakukan oleh akun yang asli dan oleh masyarakat. Ia kemudian memberi petunjuk pelaporan akun palsu di facebook.

“Klik Find support or report profile. Klik Pretending to Be Someone. Kalau pakai akun (wakil) bupati yang asli bisa klik me. Kalau masyarakat Klik A Friend, (lalu) ditulis akun FB (Wakil) bupati. Ditulis disitu akun asli atau nama bupati/wakil bupati”, jelas Staf Ahli Menkominfo RI yang berlatar belakang Ilmu Komunikasi ini kepada wartawan lagi.

Masih kata Prof. Henri, bila banyak yang melaporkan, akun palsu Wakil Bupati Asahan akan ditutup oleh facebook.

“Kalau banyak yang lapor, akun palsu itu akan ditutup oleh FB”, tandasnya.
Namun ketika dikonfirmasi terkait akun facebook yang asli milik Wakil Bupati Asahan, Kepala Diskominfo Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat belum memberikan jawaban menjawab.

Sebelumnya, pakar hukum pidana Dr Salim Fauzi Lubis mengatakan pembuat akun palsu itu bisa dipidana karena perbuatannya merupakan delik aduan. Hal tersebut bisa dilakukan jika yang bersangkutan merasa dirugukan membuat laporannya ke aparat penegak hukum.

“Inikan delik aduan. Jika Wabub merasa dirugikan baru menimbulkan kasus (pidana) dan bisa dilacak”, ungkapnya, kepada wartawan mknews.co.id pada Selasa (6/7/2021) malam. (Rahmad Syambudi)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: