400 Hari, Brunei Darussalam Sukses Tekan Kasus Corona 0 Kasus

MITRAKITANEWS.COM | Brunei – Brunei Darussalam menjadi negara yang paling minim kasus virus corona, disaat negara di ASEAN masih bergelut berjuang melawan pandemi Covid-19.

Minggu lalu, hanya ditemukan dua kasus baru. Itu juga disebut berasal dari warga negara Indonesia yang datang ke Brunei pada 27 Juni lalu. Brunei Darussalam mencatat rekor terbaik di dunia dalam penanganan pandemi karena setelah ditelusuri hasilnya tidak ada kontak erat untuk kedua kasus baru itu.

Dikutip dari The Scoop, Sabtu (17/7/2021) Brunei Darussalam akhirnya menggelar ulang tahun ke-75 Sultan Brunei Hassanal Bolkiah pada Kamis pekan lalu di lapangan istana kesultanan. Padahal tahun lalu acara ini ditiadakan karena COVID-19.

Brunei ternyata tidak memiliki kasus COVID-19 sejak Mei 2020, artinya selama 400 hari negara itu nol kasus COVID-19. Kini pemerintah Brunei telah melonggarkan pembatasan COVID-19 dengan mengizinkan berbagai acara perayaan untuk digelar. Salah satunya acara ulang tahun Sultan Brunei Hassanal Bolkiah.

Namun, menurut Sultan Brunei Hassanal Bolkiah saat ini negaranya harus berhati-hati dan terus mempelajari situasi dunia yang masih memerangi COVID-19 dan menangani dampak negatifnya terhadap ekonomi global.

BACA JUGA
1 dari 2

“Kita harus melihat situasi ini sebagai pelajaran untuk bergerak maju dan berhati-hati,” kata dia, dikutip dari The Scoop, Sabtu (17/7/2021).

Menjadi negara yang minim kasus COVID-19 sejak tahun lalu, Brunei menjadi salah satu dari tiga negara anggota ASEAN yang melaporkan pertumbuhan ekonomi positif tahun lalu. Padahal negara lain mengalami resesi yang disebabkan oleh COVID-19, salah satunya Indonesia.

Tahun ini, Hassanal mengatakan IMF telah memproteksi pertumbuhan ekonomi Brunei 2021 capai 1,6%. Sementara, tahun lalu ekonomi Brunei Darussalam tercatat naik 1,2%.

“Brunei akan terus menjalin hubungan diplomatik yang erat dengan negara-negara lain untuk memastikan stabilitas di Asia-Pasifik,” pungkasnya. (det/Edt01)

Berita Terkait
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: